Pelanggan adalah manusia dengan kebutuhan dan keinginan yang kompleks. Mereka tidak sekadar membuka dompet untuk membeli barang atau jasa, tetapi mencari solusi untuk masalah atau kepuasan atas hasrat mereka. Seperti sebuah teka-teki, bisnis yang sukses adalah yang mampu mengungkap dan menjawab pertanyaan besar: “Apa yang sebenarnya dicari oleh pelanggan?”
Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang mampu membangun hubungan emosional dengan pelanggannya. Dengan memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan berkembang.
Contohnya, sebuah toko online yang sukses tidak hanya menawarkan produk yang berkualitas, tetapi juga memberikan pengalaman belanja yang nyaman, proses pengembalian yang mudah, dan layanan pelanggan yang responsif. Mereka menyadari bahwa pelanggan tidak hanya membeli produk, tetapi juga membeli kepuasan dan kenyamanan.
Tipe Kebutuhan Pelanggan
Sebagian besar pelanggan memiliki tujuh kebutuhan dasar ketika berinteraksi dengan sebuah brand Berikut tipe kebutuhan pelanggan tersebut:
1. Keramahan
Ini adalah kebutuhan pelanggan paling dasar yang terkait dengan hal-hal seperti kesopanan dan keramahan. Penjual atau sales yang ramah adalah indikator utama pengalaman pelanggan yang baik, menurut survei pelanggan dalam Laporan Tren 2021 kami.
2. Empati
Pelanggan perlu tahu bahwa organisasi memahami dan menghargai kebutuhan serta keadaan mereka. Bahkan, survei dari paltform Zendesk menemukan bahwa 49% responden mengatakan mereka ingin penjual yang empati.
3. Keadilan
Pelanggan harus merasa bahwa mereka mendapatkan perhatian yang memadai dan jawaban yang adil dan masuk akal.
4. Kontrol
Pelanggan ingin merasa memiliki pengaruh atas hasil. Anda dapat memberdayakan pelanggan dengan mendengarkan umpan balik mereka dan menggunakannya untuk meningkatkan layanan.
5. Alternatif
Pelanggan menginginkan pilihan dan fleksibilitas dari layanan pelanggan; mereka ingin tahu bahwa ada berbagai pilihan yang tersedia untuk memuaskan mereka. Faktanya, perusahaan berkinerja tinggi lebih cenderung memberikan pelanggan pilihan saluran layanan pelanggan.
Sekitar 50% dari perusahaan berkinerja tinggi telah mengadopsi strategi dukungan omnichannel, dibandingkan dengan 18% dari rekan-rekan mereka yang berkinerja lebih rendah.
Baca juga: Cara Menggali Kebutuhan Pelanggan
6. Informasi
Pelanggan ingin mengetahui tentang produk dan layanan secara relevan dan tepat waktu; terlalu banyak informasi dan penjualan dapat membuat mereka merasa tidak nyaman. Basis pengetahuan adalah cara yang bagus untuk memberikan pelanggan yang sudah ada informasi yang mereka butuhkan, saat mereka membutuhkannya.
7. Waktu
Waktu pelanggan sangat berharga, dan organisasi perlu memperlakukannya demikian. 73% pelanggan mengatakan menyelesaikan masalah mereka dengan cepat adalah komponen utama dari pengalaman pelanggan yang baik. Untuk memenuhi harapan tersebut, tim CX membutuhkan perangkat lunak layanan pelanggan yang memberi mereka alat untuk merespons pelanggan dengan cepat dan efektif.
Memahami kebutuhan pelanggan adalah langkah pertama menuju kesuksesan bisnis. Dengan menempatkan diri pada posisi pelanggan, kita dapat mengembangkan produk, layanan, dan strategi pemasaran yang benar-benar bernilai.
Belajar dan Menghasilkan Bersama Adolo
Belajar bisnis sambil menghasilkan profit itu mudah! Dengan Adolo, Anda bisa langsung praktik dengan bisnis arisan laptop yang terstruktur dan transparan. Tak perlu khawatir soal keamanan, karena Adolo sudah legal dan terpercaya.
Selain menghasilkan keuntungan, Adolo juga menjadi tempat yang tepat untuk belajar dan mengembangkan diri di dunia bisnis. Dengan mengikuti program bimbingan yang disediakan, Anda akan mendapatkan ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis arisan laptop yang sukses.
Bergabunglah dengan Adolo dan mulai bisnis arisan laptop sekarang! Nikmati sistem yang mudah dipahami dan peluang profit yang menjanjikan. Dengan dukungan komunitas yang solid, Anda akan terus berkembang dan mencapai kesuksesan finansial. Mulai langkah sukses Anda bersama Adolo sekarang!