Trik Menulis Artikel SEO yang Ramah Pembaca, Perlu Unsur Ini

Apakah Anda merasa kesulitan menulis artikel SEO yang ramah pembaca? Menulis artikel SEO sangat penting untuk mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan yang lainnya. Secara garis besar untuk membuat artikel yang bagus ada dua unsur yang harus Anda penuhi, yaitu SEO friendly dan human Friendly atau bisa dikatakan ramah pembaca.

Mungkin Anda pernah menemukan sebuah artikel yang tampil di halaman pertama mesin pencari, tetapi secara kualitas sangatlah rendah. Itu artinya penulis hanya Mengoptimalkan SEO friendly, sehingga artikel tersebut bisa dengan mudah ditemukan.

Sebaliknya, mungkin Anda juga pernah menemukan artikel dengan kualitas isi yang bagus, tetapi Anda perlu mencarinya di halaman kedua atau ketiga di mesin pencari. Nah, mungkin saja penulis kurang memaksimalkan pengaturan SEO, sehingga mesin pencari susah untuk menemukan artikel tersebut. Lalu bagaimana artikel yang ramah pembaca dan mengoptimalkan SEO? Mari kita kupas di artikel berikut ini.

Optimasi SEO dalam Artikel

Sebelum membahas optimasi SEO dalam artikel, Anda harus paham terlebih dahulu apa yang dimaksud SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti optimasi mesin pencari. Ini adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas ke situs web dari mesin pencari melalui hasil pencarian organik. Tujuan SEO adalah membuat situs web atau halaman web lebih terlihat oleh pengguna mesin pencari, seperti Google, sehingga mereka lebih mungkin untuk mengklik dan mengunjungi situs tersebut.

Nah, salah satu cara agar situs web mudah ditemukan oleh mesin pencari adalah dengan cara mengoptimalkan SEO pada artikel. Berikut beberapa trik optimasi SEO pada artikel:

1. Penelitian Kata Kunci atau Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa tertentu yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi di mesin pencari. Dalam konteks SEO, kata kunci adalah istilah yang ditargetkan oleh penulis untuk meningkatkan peringkat halaman mereka di hasil pencarian.

Kata kunci ini mencerminkan topik atau konten yang ada di halaman tersebut dan digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan relevansi dan kualitas halaman terhadap pencarian pengguna.

Untuk lebih memudahkan memahami kata kunci, saya akan memberikan contoh atau gambaran berikut ini.

Ketika Anda sedang sakit perut lalu ingin menyembuhkan sakit yang Anda rasakan, kira-kira kata apa yang akan ada ketik di mesin pencari?

Jika saya boleh menebak, kira-kira Anda akan mengetikkan pencarian seperti ini:

“Cara mengatasi nyeri di perut”

“Penyebab sakit perut yang melilit”

“Obat herbal untuk mengobati sakit perut”

“Sakit perut yang disebabkan masuk angin”

Kalimat di atas adalah beberapa contoh yang mungkin Anda ketik ketika mengalami sakit perut. Nah, kalimat itulah yang dinamakan kata kunci di mesin pencari. Lalu bagaimana penulis bisa menemukan kata kunci tersebut.

Ada beberapa situs yang bisa Anda manfaatkan untuk riset kata kunci dengan mudah. Di antaranya Ahref, Google Keyword Planner, atau Ubersuggest.

Yang perlu Anda garisbawahi sebagai penulis artikel adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan pembaca. Dengan begitu artikel Anda akan mendatangkan trafik organik yang tinggi.

2. Menggunakan Kata Kunci pada Bagian Tertentu

Setelah menentukan kata kunci untuk membuat artikel, Anda harus memperhatikan peletakan kata kunci tersebut seharusnya di mana?

Kata kunci yang pertama harus ada pada judul artikel. Kemudian di paragraf pertama, sub judul, dan diulangi beberapa kali di badan artikel secara alami dan tidak berlebihan. Selain di badan artikel kata kunci juga harus ada pada SEO title atau judul SEO, meta description, slug atau link, dan juga pada caption gambar.

3. Struktur Artikel dengan Baik

Artikel yang baik mengandung beberapa heading. Gunakan heading 1, 2, dan 3 untuk membagi artikel menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ini akan membantu pembaca dan mesin pencari memahami struktur dan isi artikel Anda

4. Tautan Internal dan Eksternal

Untuk membuat artikel SEO, Anda juga perlu menautkan link internal dan eksternal pada artikel tersebut. Apa bedanya?

Internal link adalah link dari satu media dengan artikel Anda. Anda bisa memasukkan judul artikel terkait yang juga tayang di media Anda.

Sementara eksternal link adalah link dari luar media Anda. Anda bisa memasukkan informasi lanjutan terkait isi artikel dengan menautkan eksternal link.

Baca juga: Rahasia Membuat Prompt untuk Memaksimalkan ChatGPT Biar Tidak Seperti Bahasa Robot

Optimasi Human Friendly

Jika trik di atas sudah Anda optimasi, selanjutnya Anda juga harus mengoptimasi artikel yang human friendly.

Artikel human friendly adalah artikel yang ditulis dengan fokus utama pada kenyamanan dan pengalaman pembaca. Berikut adalah beberapa karakteristik dari artikel human friendly:

1. Bahasa yang Mudah Dipahami

Artikel menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang.

2. Terstruktur dan Mobile Friendly

Tak hanya itu, artikel juga harus memiliki struktur yang baik dengan paragraf pendek, sub judul yang jelas, dan poin-poin penting yang mudah ditemukan. Ini memudahkan pembaca untuk mengikuti alur cerita atau informasi. Ini disebut sebagai artikel yang mobile friendly karena mayoritas pembaca artikel online adalah dengan menggunakan handphone.

2. Relevansi dan Kualitas Konten

Konten artikel harus relevan dengan kebutuhan dan minat pembaca, serta memberikan informasi yang berguna dan berkualitas tinggi. Jangan membuat artikel yang clikbait yang biasanya judul dan artikel tidak sesuai.

Menggunakan Perangkat yang Tepat untuk Menulis Artikel

Untuk mengoptimalkan artikel yang bagus serta SEO dan human friendly, Anda membutuhkan perangkat untuk mendukung aktivitas ini yaitu laptop.

Anda pasti juga setuju jika saya mengatakan lebih mudah menulis di laptop dibanding menulis di handphone. Jika menggunakan laptop akan meminimalisir kesalahan ketik atau tipo.

Bagi Anda yang ingin membeli laptop tapi terkendala biaya, saya punya solusi yang tepat yaitu dengan sistem arisan. Mengapa arisan?

Dengan mengikuti arisan laptop, Anda akan terbebas dari utang yang bunganya tinggi. Nah, mari saya perkenalkan dengan Arisan Laptop Adolo.

PT. Adolo Mentoring and Coaching telah membuka kesempatan bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan sistem arisan. Bekerjasama dengan BPR Bangunarta untuk menyimpan iuran peserta arisan sehingga arisan dipastikan 100% aman. Tidak ada kata istilah koordinasi kabur membawa uang arisan. Semuanya iuran akan disimpan di rekening masing-masing peserta.

Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri untuk menjadi peserta arisan laptop di Adolo. Tak hanya ikut arisan, Anda juga berkesempatan ikut bisnis dengan menjadi reseller laptop. Ambil kesempatan ini dan dapatkan profit yang besar bersama Adolo.id.***

 

Penulis: Mahfida Ustadhatul Umma

Editor: Sabila J. Firda

Visited 18 times, 1 visit(s) today

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *